Wang Yi Melenggang Kembali, Menteri Luar Negeri China yang Dicopot Secara Tiba-tiba

“Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, tiba-tiba dicopot dari jabatannya setelah menghilang dari pandangan publik dalam waktu yang lama. Posisinya kemudian diisi kembali oleh Wang Yi, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negeri dari 2013 hingga 2022. Pengumuman resmi mengenai pergantian menteri ini dilakukan setelah badan pengambil keputusan tertinggi parlemen China menyetujuinya. Pada Selasa (25/7/2023), dilakukan pertemuan mendadak yang menandai terjadinya pergantian ini, melanggar tata tertib biasa yang lebih teratur.”

Baca Juga:

Perubahan Kepemimpinan Kebijakan Luar Negeri China

Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, tiba-tiba dicopot dari jabatannya setelah menghilang dari pandangan publik dalam waktu yang lama. Posisi tersebut kini diisi kembali oleh Wang Yi, mantan menteri luar negeri China dari tahun 2013 hingga 2022. Penunjukan kembali Wang Yi sebagai menteri luar negeri ini diumumkan secara mendadak pada Selasa (25/7/2023), yang merupakan penyimpangan dari prosedur biasa. Langkah ini telah disetujui oleh badan pengambil keputusan tertinggi parlemen China.

Alasan kepergian Qin Gang belum dijelaskan

Menurut laporan CNN, alasan kepergian Qin Gang belum dijelaskan, tetapi pihak berwenang telah mengkonfirmasi bahwa Wang Yi akan menggantikannya. Sebelumnya, Qin Gang baru saja diangkat menjadi menteri luar negeri pada bulan Desember 2022 setelah memegang jabatan sebagai duta besar China untuk Amerika Serikat. Kehilangan Qin Gang dari pandangan publik telah menyebabkan spekulasi di tengah keterbatasan politik yang ada di China. Penyebabnya hanya dijelaskan sebagai masalah kesehatan, namun tanggapan tersebut tidak tercantum dalam transkrip resmi briefing di situs web kementerian.

See also  Wali Kota Danny Pomanto Gelar Peluncuran 4 Program Inovatif di Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78

Kembali Wang Yi sebagai Menteri Luar Negeri

Kepastian kembalinya Wang Yi sebagai menteri luar negeri China telah ditetapkan dalam pertemuan parlemen. Hal ini diharapkan dapat mengembalikan stabilitas dalam kebijakan luar negeri negara, terutama dalam periode penting pasca pandemi. Qin Gang sebelumnya memiliki peran penting dalam upaya perbaikan komunikasi antara China dan Amerika Serikat, termasuk pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Kini, peran tersebut diemban kembali oleh Wang Yi, yang juga merupakan Direktur Cabang Urusan Luar Negeri Partai Komunis China, menjadikannya diplomat papan atas di negara tersebut.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours