Masjid Istiqlal Jakarta: 7 Fakta Unik yang Terjaga dalam Arsitekturnya, Termasuk Makna Tertentu pada Nomor 3!

Baca Juga:

Masjid Istiqlal: Fakta dan Keistimewaan yang Menarik

Masjid Istiqlal Jakarta adalah salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara dan menjadi ikon bangsa Indonesia. Dibangun pada tahun 1954, masjid ini memiliki berbagai fasilitas lengkap seperti perpustakaan, museum dan ruang pertemuan. Berikut adalah beberapa fakta unik yang menarik tentang Masjid Istiqlal.

Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Terletak di area seluas 9,5 hektar, masjid ini dapat menampung hingga 200.000 jamaah. Selain tempat ibadah, masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti lapangan bulu tangkis, futsal, basket, dan voli. Terdapat juga lift di bagian selatan untuk lansia dan penyandang difabel, perpustakaan Islam, poliklinik, madrasah, serta koperasi karyawan dan jemaah.

Arsitek Berlatar Belakang Non-Muslim

Arsitek yang merancang Masjid Istiqlal adalah seorang Kristen Protestan bernama Frederich Silaban. Desainnya berhasil memenangkan sayembara desain masjid tersebut yang diadakan oleh Presiden Pertama RI, Soekarno. Frederich Silaban menerima medali emas dan uang tunai sebagai penghargaan atas kemenangannya.

Arsitektur dengan Makna Tertentu

Arsitektur Masjid Istiqlal memiliki banyak makna khusus. Pembagian dua bagian masjid melambangkan hubungan dualisme antara langit dan bumi, manusia dan Tuhan. Masjid ini juga memiliki 5 lantai yang melambangkan 5 rukun Islam, 5 waktu shalat, dan 5 sila dalam Pancasila. Terdapat juga 7 gerbang yang dinamai dengan asmaul husna dan 12 tiang yang melambangkan 12 Rabiul Awal.

Proses Pembangunan yang Tertunda

Proses pembangunan Masjid Istiqlal memakan waktu 17 tahun akibat dinamika politik dan berbagai tantangan pada masa itu. Namun, pada tanggal 22 Februari 1978, masjid ini akhirnya selesai dibangun.

See also  Tindak Kejahatan Curanmor Terungkap, Polsek Tambora Berhasil Menangkap 7 Pelaku Termasuk Seorang Wartawan

Bedug Raksasa

Masjid Istiqlal juga memiliki bedug raksasa yang merupakan yang terbesar di Indonesia. Bedug ini terbuat dari kayu meranti merah berumur 300 tahun dan memiliki panjang 3 meter dengan berat 2,30 ton.

Simbol Kemerdekaan dan Kerukunan

Masjid Istiqlal dibangun sebagai tanda syukur atas kemerdekaan Indonesia. Nama “Istiqlal” berarti merdeka dalam bahasa Arab. Masjid ini juga menjadi simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta menunjukkan komitmen untuk kerukunan antarumat beragama.

Simbol Kerukunan Umat Beragama

Masjid Istiqlal yang terletak di seberang Gereja Katedral Jakarta menunjukkan komitmen untuk membangun negara yang bersatu dan bersaudara, terlepas dari perbedaan agama. Inilah yang ingin ditunjukkan oleh Presiden Soekarno kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang toleran dan menghormati semua agama.

Itulah beberapa fakta unik yang menarik tentang Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid ini bukan hanya tempat ibadah yang indah dan megah, tetapi juga menjadi simbol persatuan dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours