Penyerang Top yang Pindah Ke Tim Arab Mirip dengan CR7: Daftar 18 Pemain Eropa

Popularitas Saudi Pro League terus meningkat dan tengah menjadi sorotan setelah berhasil mendatangkan beberapa pemain bola top Eropa. Efek domino tersebut terjadi setelah kepindahan mantan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo ke Al-Nassr. Pesepakbola yang berdatangan pun bukan pemain-pemain tua yang berniat untuk menghabiskan masa karirnya. Tak sedikit bintang terkenal ikut memanaskan persaingan liga di sana.

Baca Juga:

Popularitas Saudi Pro League dan Kepindahan Pemain Bola Eropa ke Arab

Popularitas Saudi Pro League terus meningkat dan tengah menjadi sorotan setelah berhasil mendatangkan beberapa pemain bola top Eropa. Efek domino tersebut terjadi setelah kepindahan mantan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo ke Al-Nassr. Pesepakbola yang berdatangan pun bukan pemain-pemain tua yang berniat untuk menghabiskan masa karirnya. Tak sedikit bintang terkenal ikut memanaskan persaingan liga di sana.

Pemain Bola Eropa yang Hijrah ke Arab

Dikutip dari beberapa sumber pada Selasa (8/8/2023), berikut beberapa pemain bola Eropa yang hijrah ke Arab dan melanjutkan karir disana.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano merupakan biang dari tren kepindahan pemain bola Eropa yang hijrah ke Arab. CR7 didatangkan oleh klub Al-Nassr pada bulan Januari 2023 lalu. Al-Nassr sangat beruntung karena mendapatkan bintang timnas Portugal ini dengan status free agent.

2. Karim Benzema

Serupa dengan Cristiano, Karim Benzema didatangkan oleh At-Ittihad dari Real Madrid secara gratis. Penggawa asal Perancis tersebut datang pada bulan Juni 2023 lalu.

3. Anderson Talisca

See also  Persebaya Bajul Ijo Melesat Pada Laga Keenam, Bhayangkara Menyerah Karena Kekuatan Tim Hijau

Berbeda dengan yang lain, Anderson Talisca datang ke Liga Arab dari dua tahun lalu tepatnya pada bulan Juli 2021. Rekan setim Cristiano ini didatangkan oleh Al-Nassr seharga 6.9 juta euro atau sekitar Rp133 miliar.

4. Kalidou Koulibaly

Pemain bola Eropa yang hijrah ke Arab berikutnya adalah eks pemain Chelsea, Kalidou Koulibaly. Koulibaly hijrah ke klub Al-Hilal dengan harga 15.7 juta euro atau Rp302 miliar.

5. Edouard Mendy

Mendy diharapkan menjadi penjaga gawang andalan Al-Ahli. Pasalnya, kiper asal Senegal tersebut dikontrak hingga tahun 2026 dengan nilai 30 juta euro atau Rp310 miliar.

Kelanjutan Daftar Pemain Bola Eropa yang Hijrah ke Arab

6. NGolo Kante

Pemain dengan status free agent yang memilih hijrah ke Arab Saudi berikutnya adalah NGolo Kante. Kante resmi bergabung dengan klub Al-Ittihad pada bulan Juni 2023.

7. Ruben Neves

Ruben Neves resmi diperkenalkan Al-Hilal dengan nilai transfer 47.1 juta euro. Neves lebih memilih bermain di Liga Arab ketimbang menerima tawaran dari FC Barcelona.

8. Riyadh Mahrez

Mahrez bergabung dengan Al-Ahli setelah sebelumnya berhasil menjuarai UEFA Champions League bersama dengan Manchester City. Mahrez didatangkan dengan harga 30 juta euro atau sekitar Rp580 miliar.

9. Alex Telles

Mantan pemain Manchester United lainnya yang memutuskan hijrah ke Arab adalah Alex Telles. Telles menambah deretan pemain bola Eropa yang hijrah ke Arab dengan status free agent.

10. Jordan Henderson

Klub Arab Saudi lain yang ikut mendatangkan pemain-pemain top Eropa adalah Al-Ettifaq. Klub tersebut berhasil memboyong Gelandang andalan Liverpool Jordan Henderson dengan harga 12 juta euro atau sekitar Rp232 miliar.

11. Malcom

Mantan penggawa Zenit St Petersburg ini mengikuti jejak para pemain Eropa lainnya dengan bergabung dengan Al-Hilal. Rekan setim Ruben Neves itu diangkut dengan harga 51.5 juta euro atau sekitar Rp997 miliar.

See also  Wasit Jon Moss Jadi Bahan Kontroversi Usai Pertandingan MU vs Wolves

12. Roberto Firmino

Mantan bintang Liverpool ini mengikuti jejak Riyad Mahrez menjadi penggawa Al-Ahli. Bobby diboyong dengan status free agent pada bulan Juli 2023.

13. Joao Filipe

Joao Filipe atau yang biasa disapa Jota ini mengikuti jejak Karim Benzema hengkang ke Al-Ittihad. Al-Ittihad mendapatkan Jota dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp479 miliar.

14. Sergej Milinkovic-Savic

Milinkovic-Savic menambah daftar pemain bola Eropa yang hijrah ke Liga Arab Saudi. Savic diboyong dari klub Liga Italia, Lazio seharga 34.2 juta euro atau sekitar Rp662 miliar.

15. Fabinho

Al-Ittihad memperkuat skuadnya dengan mendatangkan midfielder andalan Liverpool. Pesepakbola Brasil ini bergabung dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp772 miliar.

16. Marcelo Brozovic

Marcelo Brozovic diboyong dengan harga 15.4 juta euro atau sekitar Rp298 miliar. Brozovic nantinya akan menjadi rekan setim dengan Cristiano di Al-Nassr.

17. Romaln Saiss

Pesepakbola asal Maroko ini mengikuti gerbong pemain lainnya yang hijrah dan menjajaki tanah Arab. Saiss didapatkan Al-Sadd dengan nilai transfer 2.2 juta euro atau sekitar Rp42 miliar.

18. Seko Fofana

Al-Nassr semakin kuat dengan kedatangan Seko Fofana. Seko mengisi lini tengah Al-Nassr bersama Marcelo Brozovic. Fofana dibandrol dengan nilai transfer 21.6 juta euro atau sekitar Rp418 miliar.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours