Kagum dengan Kreativitas AI, Jokowi Berani Cover Lagu Indonesia Terkenal

Baca Juga:

Artificial Intelligence (AI) dan Kemajuan Teknologi

Artificial Intelligence adalah suatu hal yang akhir-akhir ini sedang menjadi perbincangan dan dikaitkan dengan kemajuan teknologi. Faktanya, Artificial Intelligence yang kerap kali disebut AI merupakan sebuah simulasi kecerdasan manusia yang dilakukan oleh sistem komputer, sehingga perangkat tersebut memiliki cara berpikir seperti manusia.

Contoh Kemajuan Teknologi AI dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh adanya perkembangan teknologi AI misalnya sistem navigasi atau yang kita gunakan sehari-hari seperti Google Maps. Kita juga bisa melihat kemajuan teknologi AI dalam sistem perbankan dan digital yang sudah memiliki banyak perkembangan teknologi. Misalnya dalam sistem penggantian kartu yang sudah dilakukan mesin dan hanya membutuhkan waktu tak lebih dari lima menit. Jasa translator online juga merupakan bentuk kemajuan teknologi AI yang dapat dengan mudah kita akses.

AI dalam Dunia Musik dan Pers

Bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari, baru-baru ini jagad dunia maya sedang dihebohkan dengan berita Ariana Grande dan Jungkook BTS menyanyikan lagu asal Indonesia. Tak hanya mereka, namun coveran Jokowi yang menyanyikan lagu Asmalibrasi juga membuat banyak heboh. Ternyata, cover tersebut merupakan produk kemajuan teknologi AI. Bahkan, di dunia pers juga menggunakan teknologi AI, seperti adanya presenter virtual menggunakan avatar teknologi AI yang sempat menjadi berita yang viral di dunia maya.

AI dalam Bidang Musik dan Entertainment

Beredarnya cover lagu buatan AI tersebut merupakan suatu bentuk kemajuan di bidang teknologi, khususnya di dunia musik. Dilansir dari sebuah akun media marketing & entrepreneurship di Instagram, yaitu @marketeers, AI dapat digunakan untuk membuat musik yang baru, mash up yang unik, dan juga membantu membuat robotic actors. Ini membuktikan bahwa AI bisa menciptakan hal-hal baru yang tidak terbatas.

See also  Ketakutan dan Kebenaran: Sinopsis Oppenheimer Bongkar Rencana Kegilaan Ilmuwan

Aplikasi Kemajuan Teknologi AI dalam Membuat Coveran Lagu

Dilansir dari Kompas.com, sebenarnya tren AI dalam menduplikasi suara sudah tersedia di perangkat lunak AI open source dari Tiongkok yang disebut DiffSVC. Perangkat lunak ini dapat mereplikasi suara manusia. Software ini dikembangkan oleh peneliti di The Chinese University of Hong Kong dan mendapatkan banyak perhatian akhir-akhir ini. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat coveran lagu berteknologi AI, seperti MagicMic, VoiceMod, Voice AI, atau VoxBox.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi AI membawa dampak positif dalam berbagai bidang, tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam dunia musik dan pers. AI memberikan kesempatan untuk mengembangkan hal-hal baru yang tidak terbatas. Dengan adanya kemajuan ini, perkembangan teknologi AI di masa depan diharapkan dapat menghadirkan inovasi dan solusi yang lebih baik.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours