Bongkar Isu Dukungan Jokowi oleh PAN-Golkar, Persaingan di Pilpres Makin Sengit

Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar telah resmi mendeklarasikan dukungannya untuk Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. Deklarasi kedua partai besar ini mengejutkan banyak kalangan, karena sebelumnya banyak yang percaya bahwa mereka akan mendukung Ganjar Pranowo dari PDIP Perjuangan.

Baca Juga:

PAN dan Golkar Mengumumkan Dukungannya untuk Prabowo Subianto

Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar telah secara resmi mendeklarasikan dukungannya untuk Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. Keputusan ini mengejutkan banyak kalangan, mengingat sebagian dari mereka sebelumnya diyakini akan mendukung Ganjar Pranowo dari PDIP Perjuangan.

Pengaruh Jokowi terhadap Koalisi PAN dan Golkar

Menanggapi kejutan politik ini, Pengamat politik Ujang Komarudin menyatakan bahwa mendekatnya PAN dan Golkar ke Gerindra tidak lepas dari pengaruh Presiden Joko Widodo, meskipun saat ini Jokowi nampaknya mendukung Ganjar Pranowo.

“Saya melihat ada arahan dari Jokowi untuk koalisi ini,” kata Ujang saat dihubungi wartawan pada Minggu (13/8/2023). Ia juga menambahkan bahwa dukungan yang diberikan oleh Golkar dan PAN terjadi pada saat yang bersamaan. “Mereka berkoalisi di waktu yang sama, saya rasa itu ada arahan dari Jokowi, kalau tidak ada arahan pasti waktunya berbeda,” tambahnya.

Namun, sebelumnya Prabowo telah menyampaikan bahwa tidak ada arahan khusus dari Jokowi terkait koalisi tersebut. Ia mengklaim bahwa Jokowi tidak terlibat dalam keputusan kedua partai politik tersebut untuk mendukungnya sebagai calon presiden.

“Tidak ada arahan Jokowi,” ujar Prabowo di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta pada Minggu (13/8/2023). “Jadi begini, Pak Jokowi adalah orang yang sangat demokratis sehingga beliau sangat menghormati independensi dan hak setiap partai politik. Saya kira itu yang harus saya tegaskan,” tambah Prabowo.

See also  Kembalinya Prabowo: Golkar dan PAN Sampaikan Dukungan Penuh untuk Calon Presiden di Pilpres 2024

Kedua Partai Politik Menyatakan Independensi Dalam Mendukung Prabowo

Menurut Prabowo, Partai Golkar dan PAN memiliki independensi dalam menyatakan dukungan mereka. Dalam hal ini, mereka secara independen memilih mendukung Prabowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours