Proses Perundingan Dagang Indonesia dan Persatuan Ekonomi Eurasia Meningkatkan Kemajuan

Pada 28 Juli 2023, Indonesia dan Persatuan Ekonomi Eurasia (EAEU) mencapai tahap perundingan putaran kedua perjanjian perdagangan bebas (FTA). Perundingan ini berlangsung dari 24 hingga 26 Juli 2023 di Moscow, Rusia.

Baca Juga:

Perundingan IEAEU-FTA Mencapai Tahap Kedua di Moscow

Pada tanggal 28 Juli 2023, Indonesia dan Persatuan Ekonomi Eurasia (EAEU) berhasil mencapai tahap perundingan kedua perjanjian perdagangan bebas (FTA). Perundingan ini berlangsung dari tanggal 24 hingga 26 Juli 2023 di Moscow, Rusia. Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan RI, Johni Martha, berhasil mencapai kesepakatan dengan delegasi EAEU yang dipimpin oleh Anton Tsetsinovskiy, Head of Division for Special Issues in Trade Regulation pada Trade Policy Department, dalam perundingan IEAEU-FTA tersebut.

Indonesia Serius Perluas Akses Pasar

Perundingan dagang Indonesia dengan Persatuan Ekonomi Eurasia merupakan langkah serius dari Pemerintah Indonesia dalam memperluas akses pasar non tradisional. Johni menyatakan bahwa IEAEU-FTA diharapkan membuka era baru dalam kemitraan antara Indonesia dan negara-negara Persatuan Ekonomi Eurasia. Selain itu, perjanjian ini juga diharapkan membuka peluang bagi Indonesia untuk masuk ke wilayah Eropa Timur dan Tengah yang memiliki potensi pasar besar.

Sepuluh Isu Runding Dibahas dalam Perundingan Putaran Kedua IEAEU-FTA

Pada perundingan putaran kedua IEAEU-FTA, kesepuluh isu yang dibahas adalah perdagangan barang, pengamanan perdagangan, ketentuan asal barang, ketentuan hukum dan isu kelembagaan, hak kekayaan intelektual, persaingan, niaga elektronik, penyelesaian sengketa, kerja sama, serta prosedur kepabeanan dan fasilitasi perdagangan. Pada perundingan ini, terdapat kemajuan signifikan dalam pembahasan teks terutama dalam Bab Administrasi Kepabeanan dan Fasilitasi Perdagangan yang menjadi bab pertama yang disepakati.

See also  Bukan Hanya di Layar Kaca, Artis Cantik Sukses Besar dalam Bisnis Perhiasan dengan Omset Miliaran Rupiah

Target Selesai pada 2024

Johni berharap dengan pendekatan yang berfokus pada kepentingan bersama dan fleksibilitas, Indonesia dan EAEU dapat menyelesaikan perundingan ini sesuai target pada 2024. Perundingan IEAEU-FTA sendiri telah diluncurkan pada tanggal 5 Desember 2022 dan kedua belah pihak menargetkan tahap perundingan selesai dalam dua tahun. Putaran ketiga dijadwalkan akan digelar di Indonesia pada akhir November 2023.

Hubungan Dagang Indonesia-EAEU memiliki Potensi Besar

Hubungan dagang antara Indonesia dan EAEU memiliki potensi yang besar. EAEU terdiri dari empat negara, yaitu Armenia, Belarus, Federasi Rusia, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan. Pada tahun 2022, total perdagangan antara Indonesia dan EAEU mencapai US$4,35 miliar atau setara dengan Rp65,25 triliun. Produk ekspor utama Indonesia ke EAEU meliputi minyak sawit, kopra, perangkat televisi, bagian mesin, karet alam, dan kopi. Sedangkan produk impor utama Indonesia dari EAEU meliputi pupuk, produk setengah jadi besi baja bukan paduan, batu bara, dan paduan fero.

Uni Ekonomi Eurasia

Uni Ekonomi Eurasia adalah kelompok ekonomi dari beberapa negara pasca-Soviet yang berlokasi di Eurasia. Perjanjian Uni Ekonomi Eurasia ditandatangani pada 29 Mei 2014 oleh para pemimpin Belarusia, Kazakhstan, dan Rusia dan mulai berlaku pada 1 Januari 2015. Armenia bergabung pada 2015 sementara Kyrgyzstan mulai bergabung pada 6 Agustus 2015.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours