KTT BRICS Bakal Bahas Potensi Masuknya Negara Baru sebagai Anggota

Para pimpinan BRICS akan bertemu di Afrika Selatan pekan depan. Mereka akan membahas bagaimana menjadi kekuatan geopolitik yang dapat menantang dominasi Barat dalam urusan dunia. Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang menghadapi surat perintah penangkapan internasional atas tuduhan kejahatan perang di Ukraina, tidak akan bergabung dengan para pemimpin dari Brasil, India, China, dan Afrika Selatan. Hal ini akibat perpecahan mengenai apakah akan memperluas blok ini untuk mencakup puluhan negara Global Selatan yang mengantre untuk bergabung. Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah Presiden China Xi Jinping, Luiz Inacio Lula da Silva dari Brasil, dan Perdana Menteri India Narendra Modi untuk KTT BRICS dari tanggal 22 hingga 24 Agustus.

Baca Juga:

Para Pimpinan BRICS Akan Bertemu di Afrika Selatan

Para pimpinan BRICS akan bertemu di Afrika Selatan pekan depan. Mereka akan membahas bagaimana menjadi kekuatan geopolitik yang dapat menantang dominasi Barat dalam urusan dunia.

Vladimir Putin Tidak Akan Bergabung dengan Para Pemimpin BRICS

Presiden Rusia, Vladimir Putin, tidak akan bergabung dengan para pemimpin dari Brasil, India, China, dan Afrika Selatan. Hal ini akibat perpecahan mengenai apakah akan memperluas blok ini untuk mencakup puluhan negara Global Selatan yang mengantre untuk bergabung.

Afrika Selatan sebagai Tuan Rumah KTT BRICS

Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah Presiden China, Xi Jinping, Luiz Inacio Lula da Silva dari Brasil, dan Perdana Menteri India, Narendra Modi, untuk KTT BRICS dari tanggal 22 hingga 24 Agustus.

See also  Laksda Imam Musani Raih Keberhasilan dengan Pertahanan Disertasi di Universitas Trisakti

Agenda Pertemuan BRICS

Meskipun tersebar di seluruh dunia dan memiliki ekonomi yang beroperasi dengan cara yang sangat berbeda, hal utama yang menyatukan BRICS adalah keraguan terhadap tatanan dunia. Mereka melihat dunia saat ini melayani kepentingan Amerika Serikat dan sekutu negara-negara kaya.

Tidak banyak rincian yang muncul tentang apa yang mereka rencanakan untuk dibahas. Namun perluasan diharapkan menjadi salah satu isu utama dalam agenda pertemuan tersebut. Hal ini karena sekitar 40 negara telah menunjukkan minat untuk bergabung, baik secara resmi maupun tidak resmi. Beberapa di antaranya adalah Arab Saudi, Argentina, dan Mesir.

BRICS dan Afrika

China, yang berusaha untuk memperluas pengaruh geopolitiknya saat berselisih dengan AS, ingin memperluas BRICS dengan cepat, sementara Brasil menolak perluasan tersebut karena khawatir kelompok yang sudah sulit dikendalikan ini dapat kehilangan kedudukannya akibat hal tersebut.

Rusia membutuhkan teman-teman untuk melawan isolasi diplomatiknya terkait Ukraina, sehingga sangat ingin mendatangkan anggota baru. Begitu juga dengan sekutu Afrika yang paling penting bagi mereka, yaitu Afrika Selatan. India berada dalam posisi yang belum pasti.

Sebagai penghormatan kepada tuan rumah Afrika, tema dari KTT puncak ke-15 ini adalah BRICS dan Afrika, yang menekankan bagaimana blok ini dapat membangun hubungan dengan benua yang semakin menjadi panggung persaingan antara kekuatan dunia.

BRICS sebagai Mitra Pembangunan Alternatif

Negara-negara BRICS bersemangat untuk menggambarkan diri mereka sebagai mitra pembangunan alternatif bagi Barat. Mereka ingin mereformasi sistem tata kelola global untuk meningkatkan representasi negara-negara berkembang dan pasar negara berkembang.

Dengan 40% dari populasi global, negara anggota BRICS yang memiliki jejak karbon tinggi juga berkontribusi sekitar persentase yang sama dari emisi gas rumah kaca. Negara-negara BRICS menyalahkan negara-negara kaya karena menyebabkan sebagian besar pemanasan global dan ingin mereka menanggung lebih banyak beban dekarbonisasi pasokan energi dunia.

See also  Gubernur Andi Sudirman Segera Lelang Enam Jabatan Eselon II Masa Jabatan Mendekati Akhir

Diskusi Iklim di BRICS

Pejabat di Brasil, China, dan Afrika Selatan mengatakan perubahan iklim mungkin akan dibahas namun menunjukkan bahwa hal tersebut tidak akan menjadi prioritas. Negara-negara BRICS menyalahkan negara-negara kaya karena menyebabkan sebagian besar pemanasan global dan ingin mereka menanggung lebih banyak beban dekarbonisasi pasokan energi dunia. China dituduh menghalangi diskusi iklim di G20, tapi China membantahnya.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours