Herman Muchtar Dukung Kemajuan Pariwisata, Provinsi Siap Digemari Dunia

Gubernur Ridwan Kamil memperkenalkan program Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata. Daerah ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa diunggulkan. Namun, tanggapan dari pelaku industri pariwisata di Jawa Barat masih perlu diperhatikan.

Baca Juga:

Potensi Wisata Jawa Barat

Gubernur Ridwan Kamil mengusulkan program Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata. Daerah ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa diunggulkan.

Tanggapan Pelaku Industri Pariwisata

Ketua PHRI Jawa Barat, Herman Muchtar memberikan apresiasi terhadap keinginan Gubernur Jawa Barat tersebut. Namun, banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan menjadikan daerah ini sebagai destinasi unggulan. Salah satu hal tersebut adalah harmonisasi di antara dinas-dinas yang ada dan membangun kolaborasi dengan stakeholder pariwisata yang ada.

Harmonisasi Dinas Terkait

Herman Muchtar menyatakan bahwa meskipun Jawa Barat memiliki potensi luar biasa sebagai magnet pariwisata, namun yang mengejutkan adalah kurangnya harmoni di antara dinas-dinas terkait dalam mewujudkan visi provinsi pariwisata ini. Ia mendukung sepenuhnya keinginan tersebut namun merasa bahwa dinas-dinas terkait tidak kompak.

Peran Kepala Dinas

Menurut Herman Muchtar, untuk mencapai tujuan provinsi pariwisata, setiap dinas terkait harus terlibat aktif dan memahami visi dan misi yang sudah dikeluarkan oleh Gubernur. Ia juga mengatakan bahwa seluruh kepala dinas harus paham dan sudah memprogramkan anggaran yang terkait dengan pariwisata Jawa Barat.

Kurangnya Sosialisasi yang Efektif

Herman Muchtar berpendapat bahwa salah satu alasan kekacauan ini mungkin disebabkan oleh minimnya sosialisasi yang efektif. Ia juga menyebutkan bahwa Tim Percepatan yang didirikan oleh Gubernur Jawa Barat kurang memberikan dampak yang diharapkan. Pengamatannya menunjukkan bahwa fokus Gubernur lebih cenderung ke pasar pariwisata domestik.

See also  Lima Bandara Menyambut Liburan Nataru dengan Meningkatkan Jam Operasional

Upaya Promosi Pariwisata

Herman Muchtar melihat bahwa upaya Badan Promosi Pariwisata Daerah Jabar terlihat kurang berarti dan hanya sebatas formalitas. Menurutnya, promosi langsung ke kota-kota potensial dan luar negeri tetap menjadi kunci untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara. Sebagai langkah tanggap, PHRI telah menggelar roadshow promosi pariwisata ke berbagai kota di dalam dan luar negeri, termasuk Malaysia.

Pekerjaan Rumah yang Belum Diselesaikan

Herman Muchtar menegaskan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan agar visi Jabar sebagai provinsi pariwisata bisa terealisasikan dengan baik. Tantangan utamanya adalah membangun sinergi di antara semua pihak terkait dan mengembangkan strategi promosi yang lebih beragam dan efektif.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours