Alat Seismograf BMKG Terbukti Sukses Memantau Suara Dentuman Misterius di Sumenep

Suara dentuman yang terjadi di Sumenep, Madura, Jawa Timur masih menyimpan banyak misteri. Hingga saat ini, penyebab suara dentuman yang membuat panik warga pada Sabtu (12/8/2023) pagi belum diketahui. BMKG telah menempatkan seismograf di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, lokasi suara dentuman itu terdengar. Berikut adalah fakta-fakta terungkap dari peristiwa itu, yang dirangkum pada Selasa (15/8/2023).

Baca Juga:

Suara Dentuman Misterius di Sumenep

Pagi Hari

Suara dentuman yang didengar warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep terjadi pada Sabtu (13/8/2023) pukul 09.00 WIB. Suara dentuman masih terus terdengar hingga pukul 12.00 WIB. Kejadiannya kemarin antara jam 9 pagi hingga jam 12 siang. Namun, saat ini suara tersebut tidak muncul lagi, kata Camat Lenteng, Suryadi Irawan.

Warga Panik Berhamburan Keluar Rumah

Suara dentuman dari dalam tanah membuat warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, panik hingga berhamburan lari keluar rumah. Warga yang rumahnya menjadi pusat dentuman bahkan pergi mengungsi lantaran takut. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman, kata Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti.

Polisi Pasang Garis Kuning di Pusat Dentuman

Polisi langsung memasang garis kuning di sekitar lokasi yang menjadi pusat suara dentuman. Polisi dan petugas BPBD Jatim berjaga di lokasi meski suara dentuman tidak lagi terdengar. Pascakejadian kami bersiaga di TKP, kata petugas BPBD Jawa Timur, Andy Widyanto.

BMKG Pasang Seismograf

Penyebab suara dentuman di Sumenep, Madura, Jawa Timur belum diketahui. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) turun ke lokasi. BMKG memasang seismograf di Desa Moncek, Kecamatan Lenteng yang menjadi pusat suara dentuman untuk mendeteksi suara, getaran, dan gempa. Alat itu untuk mendeteksi getaran gempa dan tanah. Saat ini alat tersebut dipasang di lokasi-lokasi getaran, kata Koordinator Observasi dan Informasi BMKG, Tretes Suwarto.

See also  Sorotan Spesial: 40 Bayi Laki-laki Muncul di Hari Spesial 17 Agustus

Ahli Geologi Selidiki Asal Suara Dentuman

Selain BMKG, ahli geologi juga turun ke lokasi untuk mendeteksi suara dentuman misterius di Desa Moncek, Kecamatan Lenteng, Sumenep. Salah satunya adalah ahli geologi dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours