Bukan AS, Cina atau Rusia, Ternyata Inilah Negara yang Memenuhi Pikiran Israel

Iran, sebuah negara di Timur Tengah, telah menjadi sorotan dunia internasional sebagai negara yang paling ditakuti oleh Israel. Meskipun Israel selama ini lebih fokus pada ancaman dari Amerika Serikat, China, dan Rusia, tidak dapat dipungkiri bahwa Iran kini telah melampaui ketiganya sebagai ancaman terbesar di kawasan ini.

Baca Juga:

Bukan AS, Cina atau Rusia, Israel Paling Takut Negara Ini

Negara mana yang Israel paling takut hadapinya? Jawabannya mungkin cukup mengejutkan. Jauh dari dugaan banyak orang, ternyata Iran adalah negara yang paling diwaspadai oleh pemerintahan Israel.

Kejutan dari Survei

Hasil survei yang dilakukan oleh lembaga riset Quartz di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 46% responden menganggap Iran sebagai ancaman utama bagi keamanan Israel. Sedangkan hanya 20% responden yang menganggap AS sebagai ancaman utama, 12% memilih Cina, dan 9% memilih Rusia.

Iran sebagai Ancaman

Survei ini menunjukkan bahwa Israel sebenarnya lebih khawatir akan kehadiran Iran daripada negara-negara besar lainnya seperti AS, Cina, atau Rusia. Ini tidak begitu mengejutkan mengingat hubungan yang tegang antara Israel dan Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Hubungan yang Terus Memburuk

Perdebatan panjang tentang program nuklir Iran menjadi salah satu konflik utama antara kedua negara ini. Israel berulang kali menyatakan kekhawatirannya bahwa Iran akan mengembangkan senjata nuklir yang dapat mengancam eksistensi mereka.

Posisi Strategis Iran

Selain masalah nuklir, Israel juga khawatir dengan peran Iran di Timur Tengah. Iran dikenal sebagai pendukung utama kelompok-kelompok militan seperti Hezbollah di Lebanon, yang secara terbuka bersumpah untuk menghancurkan Israel.

See also  Beban Biaya Perang di Ukraina Mendorong Jerman ke Jurang Keuangan

Perlombaan Senjata

Merasa terancam oleh potensi kekuatan Iran, Israel terlibat dalam perlombaan senjata untuk mempertahankan diri. Negara itu meningkatkan kehadiran militer di sekitar perbatasannya dan secara aktif mengembangkan sistem pertahanan rudal canggih.

Akankah Ketegangan Mereda?

Namun, meskipun ketegangan antara kedua negara itu tetap tinggi, beberapa pakar optimis bahwa situasi dapat mereda dalam beberapa tahun mendatang. Seiring dengan pergantian kekuatan politik di Iran dan upaya diplomatik internasional, harapan ada untuk membangun kembali hubungan yang lebih baik antara Israel dan Iran.

Kewaspadaan Israel

Namun, hingga saat ini, Israel terus menjaga kewaspadaannya terhadap Iran. Mereka melanjutkan operasi militer rahasia untuk melawan aktivitas Iran di wilayah di sekitarnya.

Kesimpulan

Meskipun AS, Cina, dan Rusia seringkali menjadi negara yang diperbincangkan dalam konteks keamanan global, Israel sebenarnya lebih fokus dan khawatir terhadap Iran. Survei ini menyajikan fakta menarik yang menunjukkan dinamika kompleks dalam hubungan politik internasional dan prioritas keamanan negara-negara tertentu.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours