Ahli Kesehatan Menganjurkan Pengidap Pilek Untuk Hindari Minum Es, Kenapa?

Pilek Menyebabkan Peradangan Tenggorokan

Baca Juga:

Benarkan Saat Pilek Kita Harus Menghindari Minum Es? Ini Penjelasannya

Pilek Menyebabkan Peradangan Tenggorokan

Pernahkah Anda mendengar bahwa saat sedang pilek, sebaiknya menghindari minum es? Beberapa orang percaya bahwa minuman dingin dapat memperparah gejala pilek, seperti sakit tenggorokan. Namun, apakah ada kebenarannya?

Alasan Mengapa Minum Es Dapat Memburuk saat Pilek

Saat kita terkena pilek, biasanya tenggorokan akan menjadi peradangan. Suhu dingin dari minuman es dapat menyebabkan pembuluh darah di tenggorokan menyempit, yang pada akhirnya dapat memperparah peradangan yang sudah ada. Ini adalah alasan mengapa beberapa orang merasa sakit tenggorokannya semakin menjadi setelah meminum es saat sedang pilek.

Minuman Hangat Meringankan Gejala Pilek

Di sisi lain, minuman hangat dapat memberikan efek yang sebaliknya. Suhu hangat dari minuman seperti teh atau sup dapat membantu melebarkan pembuluh darah di tenggorokan, sehingga mengurangi peradangan dan meringankan rasa sakit yang dirasakan akibat pilek. Selain itu, minuman hangat juga dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh, membuat kita merasa lebih nyaman saat sedang menghadapi pilek.

Perhatikan Kondisi Masing-masing Individu

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa reaksi setiap individu terhadap minuman dingin saat pilek dapat berbeda-beda. Beberapa orang mungkin tidak merasa ada perbedaan setelah meminum es, sementara yang lain justru merasa gejala pilek semakin parah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kondisi masing-masing individu dan meresponsnya dengan bijaksana.

See also  Prihatin! Angka Kematian Akibat Penyakit Jamur Berlipat Ganda dalam 10 Tahun Terakhir di Seluruh Dunia

Mengatasi Pilek dengan Gaya Hidup Sehat

Selain memperhatikan konsumsi minuman, ada beberapa hal lain yang dapat membantu mengatasi pilek dengan baik. Pertama, istirahat yang cukup sangat penting untuk mempercepat pemulihan. Kedua, hindari merokok atau terpapar asap rokok, karena hal tersebut dapat memperburuk gejala pilek. Terakhir, tetap menjaga pola makan yang sehat dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kesimpulan

Menghindari minum es saat pilek sebenarnya memiliki dasar ilmiah yang masuk akal. Suhu dingin dapat memperparah peradangan tenggorokan yang terjadi saat pilek. Namun, reaksi setiap individu terhadap minuman dingin dapat berbeda-beda, jadi penting untuk memperhatikan kondisi masing-masing. Minuman hangat, seperti teh atau sup, dapat memberikan efek yang lebih positif dalam meredakan gejala pilek. Tetapi yang terpenting adalah menjaga gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk mempercepat pemulihan dari pilek.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours