Suara Publik Lebih Memilih Erick Thohir sebagai Wajah Pemimpin Masa Depan

Baca Juga:

Erick Thohir Puncaki Elektabilitas Cawapres

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai sosok calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024. Bahkan, namanya muncul sebagai pilihan mayoritas publik dalam berbagai simulasi.

Erick Thohir Menduduki Posisi Pertama

“Sekarang, Erick Thohir, dalam survei LSI untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama untuk pilihan calon wakil presiden versi masyarakat (semi terbuka),” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Ridwan Kamil dan Mahfud MD di Peringkat Teratas

Posisi Erick Thohir diikuti oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 13,5 persen dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berada di peringkat ketiga dengan 9,9 persen.

Elektabilitas Erick Thohir dalam Simulasi 12 Nama

Nama Erick Thohir tetap memuncaki peringkat elektabilitas cawapres dengan 18,5 persen, dalam simulasi 12 nama. Ridwan Kamil berada di posisi kedua dengan 16,6 persen, diikuti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan 11 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 10 persen.

Nama Lain Masih Jauh di Belakang

Politikus Yenny Wahid dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar hanya memiliki elektabilitas sebesar 1,9 persen dan 1,4 persen. Sementara itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa/PKB Muhaimin Iskandar juga masih jauh dengan elektabilitas sebesar 1,4 persen.

Elektabilitas Erick Thohir dalam Simulasi 7 Nama

Dalam simulasi 7 nama, Erick Thohir tetap memuncaki peringkat elektabilitas dengan 21,2 persen, disusul Ridwan Kamil dengan 19,6 persen, Sandiaga Uno dengan 17,5 persen, dan AHY dengan 10,8 persen. Gubernur Jawa Timur Khohifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Nasaruddin Umar, memiliki elektabilitas yang rendah, di bawah 10 persen.

See also  Menko Airlangga Dihadirkan di Kejagung Terkait Penyelidikan Kasus CPO

Informasi Mengenai Survei

Survei bertajuk ‘Peta Kompetisi Pilpres dan Sikap Publik Terhadap Isu-Isu Nasional’ dilakukan pada 1 – 8 Juli 2023, dengan melibatkan total responden sebanyak 1242 yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Margin of error dalam survei tersebut adalah sekitar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours