2 min read
Science

10 Trik Mudah Usir Kabut pada Kacamata Saat Menggunakan Masker

Para pengguna kacamata tentunya merasakan betapa mengganggunya uap yang mengaburkan lensa kaca saat mengenakan masker. Salah seorang pembaca Kompasiana.com, sekalian, kami berikan beberapa tips ampuh untuk mencegah kabut pada kacamata.

3 min read
Science

Elon Musk Diterpa Kritik: Roket Miliknya Sebabkan Langit Bolong Merah Darah, Ahli Cemas

Adanya fenomena langit bolong dengan warna merah darah telah memicu kecemasan ahli. Mereka percaya fenomena ini merupakan hasil dari roket SpaceX milik Elon Musk yang diterbangkan ke angkasa.

3 min read
Science

Inovasi Teknologi dalam Rekontruksi Topologi: Indonesia Menuju Era Telekomunikasi yang Berkualitas

Pada era digital yang semakin maju, kebutuhan akan konektivitas yang handal dan cepat semakin penting. Untuk itu, Indonesia perlu membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Salah satu upaya yang diambil adalah melalui rekonstruksi topologi jaringan telekomunikasi.

3 min read
Science

Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Tenaga dengan Cara Memasang Mulsa

Mulsa adalah bahan penutup tanah yang diletakkan di permukaan lahan pertanian. Tujuan pemasangan mulsa adalah untuk melindungi tanah dari erosi, mempertahankan kelembaban tanah, serta mengurangi perkembangan gulma. Bagi para petani, memasang mulsa merupakan langkah yang penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam memasang mulsa:

3 min read
Science

Matahari Mengeluarkan Foton Petir yang Memicu Hujan Amaterasu di Bumi

Peristiwa langka terjadi di sejumlah wilayah di bumi pada hari Rabu kemarin. Hujan Amaterasu, disebut juga sebagai “hujan matahari”, turun dengan intensitas yang cukup tinggi selama beberapa jam. Fenomena ini menjadi perbincangan hangat di kalangan para ilmuwan dan masyarakat umum. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik di balik fenomena hujan Amaterasu.

3 min read
Science

Hayabusa 2: Sebuah Peristiwa Bersejarah dalam Penjelajahan Antariksa ke Asteroid Ryugu

Hayabusa 2, wahana antariksa yang dikembangkan oleh Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA), diluncurkan pada hari ini menuju asteroid Ryugu. Misi ini bertujuan untuk mengambil sampel dari permukaan asteroid tersebut dan membawanya kembali ke Bumi.

2 min read
Science

Foto Satelit NASA Ungkap Fakta Mengejutkan: Alaska Diancam oleh Ancaman Tersembunyi

Satelit NASA telah mengungkapkan ancaman tersembunyi yang mengintai di negara bagian Alaska, Amerika Serikat. Melalui pemantauan dari luar angkasa, para ilmuwan telah menemukan sejumlah perubahan signifikan yang dapat berdampak serius pada lingkungan dan kehidupan manusia di wilayah tersebut.

3 min read
Science

Melangkah Maju ke Masa Depan: Peluncuran Yutu, Robot Penjelajah Bulan Pertama yang Dilakukan oleh Cina

Beijing, 1 Desember 2013 – Hari ini, Republik Rakyat Tiongkok membuat sejarah dengan meluncurkan Yutu, robot penjelajah Bulan pertama di dunia. Melalui misi Chang’e 3, negara ini sukses mendaratkan modul pendaratan dan menjalankan Yutu di permukaan Bulan.

3 min read
Science

Menghadirkan Pengalaman Mendengarkan Radio Terbaik dengan Antena Berkualitas Tinggi

Antena radio yang berkualitas tinggi merupakan salah satu faktor penting dalam mendapatkan kualitas suara yang optimal saat mendengarkan siaran radio. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 19+ cara memilih, memasang, dan menggunakan antena radio yang berkualitas tinggi!

2 min read
Science

Usaia Dilanda Kekhawatiran setelah Letusan Kriovolkanik Terbaru

Komet Setan yang dikenal dengan tanduk ikoniknya mengalami hilangnya salah satu tanduknya setelah terjadi letusan kriovolkanik yang mengguncang atmosfer bagian utara Bumi. Letusan tersebut terjadi pada Selasa malam dan disaksikan oleh sejumlah ahli astronomi yang sedang mempelajari komet tersebut.

2 min read
Science

Para pengamat langit dikejutkan oleh keindahan konjungsi bulan dan Jupiter

Bulan dan Jupiter akan mengalami konjungsi, fenomena langka yang dapat dinikmati oleh para pengamat bintang. Konjungsi ini akan memberikan tampilan yang menarik di langit malam. Bagi Anda yang tertarik, berikut adalah panduan sederhana untuk menikmati keindahan konjungsi Bulan dan Jupiter.