Pentingnya Berhati-hati dalam Membawa Muatan Barang di Mobil LCGC

Penggunaan mobil LCGC (Low Cost Green Car) untuk membawa muatan barang hingga beban penuh tidak jarang dilakukan oleh pemilik kendaraan tersebut. Namun, ada risiko-risiko yang perlu diperhatikan saat melakukan hal tersebut.

Baca Juga:

Risiko ‘Menyiksa’ Mobil LCGC Bawa Muatan Barang sampai Luber

Penggunaan mobil LCGC (Low Cost Green Car) untuk membawa muatan barang hingga beban penuh tidak jarang dilakukan oleh pemilik kendaraan tersebut. Namun, ada risiko-risiko yang perlu diperhatikan saat melakukan hal tersebut.

Secara fisik, mobil LCGC tidak dirancang untuk membawa muatan berat

Mobil LCGC umumnya dirancang untuk penggunaan harian, dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan kendaraan komersial. Oleh karena itu, memaksakan mobil LCGC membawa muatan barang sampai batas maksimum dapat berakibat rusaknya komponen kendaraan, seperti suspensi, ban, dan sistem pengereman. Hal ini dapat mengancam keselamatan pengendara dan penumpangnya.

Selain itu, mobilitas mobil LCGC juga terpengaruh oleh muatan barang yang berlebihan. Handling dan kinerja mesin akan menurun drastis sehingga pengendara perlu mewaspadai hal ini saat berkendara.

Potensi kelebihan muatan bisa menimbulkan masalah hukum

Selain risiko kerusakan kendaraan, membawa muatan barang hingga meluber juga dapat menimbulkan masalah hukum. Jika beban muatan melebihi batas yang ditentukan, pemilik kendaraan dapat dikenai sanksi berupa denda dan pencabutan izin operasional kendaraan.

Selain itu, terdapat pula potensi kecelakaan lalu lintas yang berkaitan dengan muatan barang yang meluber. Barang yang tidak terikat dengan baik dapat jatuh dari mobil dan menyebabkan kecelakaan atau merugikan pengguna jalan lainnya.

See also  Harga CPO Meningkat, Pertanda Baik Bagi Petani Sawit

Hindari risiko dengan mematuhi batas beban yang dianjurkan

Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, pemilik mobil LCGC sebaiknya mematuhi batasan beban yang dianjurkan oleh pabrikan kendaraan. Penting juga untuk mengikat muatan barang dengan baik sehingga tidak berpotensi meluber atau jatuh saat kendaraan bergerak.

Apabila memang ada kebutuhan untuk membawa muatan barang dalam jumlah besar, sebaiknya mengggunakan kendaraan yang memang dirancang khusus untuk pengangkutan barang, seperti truk atau mobil box. Menggunakan kendaraan yang sesuai dengan fungsinya akan meningkatkan keselamatan serta menjaga performa kendaraan tetap optimal.

Kesimpulan

Menggunakan mobil LCGC untuk membawa muatan barang sampai meluber bukanlah pilihan yang tepat. Selain dapat merusak kendaraan, ini juga melanggar peraturan hukum dan dapat mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya. Penting bagi pemilik mobil LCGC untuk mematuhi batas beban yang dianjurkan oleh pabrikan serta menggunakan kendaraan yang sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours