Daftar Negara yang Jadi Sasaran Invasi Amerika Serikat dan NATO, Dikupas di SINDOgrafis.

# Afghanistan

Baca Juga:

Daftar Negara Telah Diinvasi oleh Amerika Serikat dan NATO

# Afghanistan

Pada tahun 2001, Amerika Serikat dan negara-negara NATO melakukan invasi terhadap Afghanistan sebagai respons terhadap serangan teroris 11 September yang dilakukan oleh kelompok Al-Qaeda. Langkah ini bertujuan untuk menggulingkan rezim Taliban yang mengizinkan Al-Qaeda beroperasi di wilayah mereka.

# Irak

Pada tahun 2003, Amerika Serikat dan sekutu-sekutu NATO menduduki Irak karena dugaan kepemilikan senjata pemusnah massal oleh rezim Saddam Hussein. Operasi ini juga bertujuan untuk mengubah rezim pemerintahan di Irak. Meskipun tidak ditemukannya senjata pemusnah massal, invasi ini mengakibatkan pergantian rezim dan negara yang hancur akibat perang.

# Libya

Pada tahun 2011, Amerika Serikat dan beberapa negara NATO terlibat dalam aksi militer di Libya. Tujuannya adalah untuk menjatuhkan rezim Muammar Gaddafi yang dituduh melanggar hak asasi manusia dan menekan pemberontakan warga sipil. Operasi ini berhasil menumbangkan Gaddafi, namun negara Libya menjadi tidak stabil dan jatuh ke dalam kekacauan.

# Suriah

Pada tahun 2014, Amerika Serikat dan beberapa negara NATO mulai mengirim pasukan ke Suriah untuk melawan kelompok teroris ISIS. Tujuan operasi ini adalah untuk menghancurkan ISIS dan mendukung pasukan oposisi terhadap rezim Bashar al-Assad. Meskipun beberapa keberhasilan dicapai dalam memerangi ISIS, konflik di Suriah masih berlanjut hingga saat ini dengan berbagai pihak yang terlibat.

# Conclusion

Berdasarkan daftar di atas, dapat disimpulkan bahwa Amerika Serikat dan beberapa negara NATO telah melakukan invasi ke berbagai negara dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun tujuannya bermacam-macam, dampak dari invasi ini pada negara yang diinvasi seringkali mengakibatkan kekacauan dan ketidakstabilan.

See also  Media Amerika Serikat Mengenal Jordi Amat, Kapten Timnas Indonesia, sebagai Salah Satu Pemain Bintang di Piala Asia 2023

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours