10 Trik Mudah Usir Kabut pada Kacamata Saat Menggunakan Masker

Para pengguna kacamata tentunya merasakan betapa mengganggunya uap yang mengaburkan lensa kaca saat mengenakan masker. Salah seorang pembaca Kompasiana.com, sekalian, kami berikan beberapa tips ampuh untuk mencegah kabut pada kacamata.

Baca Juga:

Penyebab Kabut pada Kacamata Akibat Penggunaan Masker

Kebiasaan baru yang diadaptasi karena pandemi COVID-19 membuat para pengguna kacamata merasakan hal yang tak biasa. Mereka kerap merasakan gangguan saat memakai kacamata dan masker secara bersamaan.

Hal ini terjadi karena embusan udara yang dikeluarkan ketika bernapas diekspel ke atas oleh masker dan mengenai permukaan kacamata. Akibatnya, kabut atau embun terbentuk pada lensa kacamata. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu penglihatan dan aktivitas sehari-hari mereka.

Cara Mencegah Kabut pada Kacamata

Di sisi lain, ada beberapa cara ampuh yang bisa diterapkan pengguna kacamata untuk mencegah kabut terjadi. Cara pertama adalah dengan memakai masker yang memiliki talinya lebih panjang. Jadi, talinya bisa ditarik hingga bagian belakang leher, bukan di belakang telinga.

Cara ini terbuktikan cukup efektif mengurangi masalah kabut pada kacamata. Masker yang dipakai dengan cara demikian membuat embusan udara keluar melalui sisi bawah masker, bukan di sisi atas yang berdekatan dengan kacamata.

Tips Merawat Kacamata untuk Mengurangi Kabut

Selain itu, merawat kacamata dengan baik juga bisa membantu mencegah kabut. Cuci kacamata secara rutin dengan sabun cair dan air hangat, lalu keringkan dengan lap kacamata. Metode ini bisa membantu mencegah timbulnya kabut pada permukaan lensa kacamata.

Sebagai alternatif, bisa juga menggunakan semprotan anti-kabut yang banyak dijual di pasaran. Produk ini bekerja dengan cara memberikan lapisan pelindung pada lensa kacamata yang akan mencegah timbulnya kabut.

See also  Mahfud Kritik Orang-orang yang Cuma Mengaku Beragama Demi Keuntungan Pribadi

Manfaat Masker yang Tepat untuk Pengguna Kacamata

Semua rintangan yang muncul membuktikan pentingnya memilih masker yang tepat, terutama bagi pengguna kacamata. Jenis masker yang memiliki penutup hidung yang bisa disesuaikan akan sangat membantu. Alasannya, masker tersebut akan membentuk ikatan yang lebih erat dengan wajah sehingga udara yang kita hembuskan tidak mudah naik ke arah kacamata.

Mengaplikasikan tips-tips di atas sebisa mungkin akan membuat pengguna kacamata menjadi lebih nyaman dalam menjalankan aktivitas mereka. Ditambah lagi, adanya pengetahuan yang tepat tentang cara merawat kacamata dan masker akan membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penularan COVID-19.

Baca Juga:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours